Tips Penting Dalam Menyusun Skripsi

Tips Penting Dalam Menyusun Skripsi

Menyusun skripsi merupakan kegiatan yang sangat melelahkan untuk para mahasiswa saat ini. Hal tersebut disebabkan karena biaya cetak yang diperlukan, riset data yang cukup ribet, ditambah lagi revisi dari dosen pembimbing yang tak kunjung usai.

Hal tersebut sebenarnya tidak serepot itu kok jika anda mampu mengatur sistem cara menyusun skripsi anda. Sebelum membuat skripsi tentu anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu untuk penyusunan skripsi anda teroganisir dan rapih.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menyusun skripsi agar proses pembuatan skripsi anda tidak terasa berat dan tidak membebani anda. Ini dia ulasannya :

  • Membuat 3 Opsi Judul Skripsi

Langkah pertama sebelum anda menyusun skripsi adalah dengan membuat judul topik skripsi terlebih dahulu. Kami menyarankan anda mempersiapkan tiga opsi judul skripsi yang berbeda – beda terlebih dahulu. Ini berguna agar anda bisa memilih topik judul skripsi mana yang paling mendukung yang sesuai dengan penelitian yang anda rasa mudah untuk diteliti.

  • Mencari Refrensi Di Perpustakaan

Bila anda merasa kesulitan untuk menggagaskan ide membuat judul, anda bisa mengunjungi perpustakaan guna mendapatkan inspirasi judul skripsi anda nanti.

  • Mengerjakan 1 jam setiap hari

Jika anda mengerjakan skripsi, kami menyarankan anda untuk mengerjakan setiap hari dengan cara dicicil contoh satu jam setiap hari. Jika anda mengerjakan skripsi anda dengan dicicil seperti ini, tidak akan terasa berat dan tidak menjadi beban untuk diri anda sendiri. Berbeda cerita jika anda mengerjakan skripsi sekaligus apa lagi jika anda menggunakan sistem kebut semalam. Tentu akan terasa sangat berat bukan ?

  • Mencicil Hasil Revisi Skripsi

Saat anda mendapatkan revisi dari dosen pembimbing anda, sebaiknya segera dikerjakan dan jangan ditunda. Bila anda tunda tentu saja hasil revisi tersebut akan menumpuk dan menjadi beban anda dikedepannya. Ingat, pintar – pintarlah mengatur waktu anda karena waktu sangat penting untuk anda.

  • Menentukan metode teori yang digunakan

Jangan lupa anda menentukan metode pendekatan yang akan anda gunakan. Jika anda masih bingung menggunakan metode kuantitatif atau kualitatif, caranya sangat mudah. Bila anda suka menghitung maka pilih saja metode kuantitatif, namun jika anda lebih suka bersosialisasi dengan cara mewawancara, maka pilihlah metode pendekatan kualitatif. Konsekuensi anda menggunakan metode kualitatif adalah, anda akan menghabiskan waktu lebih lama untuk melakukan riset data dibandingkan dengan metode kuantitatif yang  hanya menghitung hasil survei.

Baik, itulah beberapa tips untuk anda yang sedang menghadapi masa – masa skripsi. Semoga membantu dan bisa menambah wawasan anda seputar skripsi. Sekian informasi yang kami berikan hari ini, dan ikuti terus informasi terupdate dunia mahasiswa lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *